Perjuangan untuk Keamanan Pangan dan Pengakuan Sertifikasi Vaksinasi-Proposal Uzbekistan

Tashkent, 16 Juli. Dilansir dari Gazeta, Presiden Uzbekistan, berbicara di forum di Asia Tengah dan Selatan, mengusulkan penyelenggaraan tahunan forum interregional, pengembangan bersama program ketahanan pangan dan rencana aksi anti-narkoba, serta pengakuan bersama sertifikat vaksinasi.

Konferensi Internasional “Asia Tengah dan Selatan: Konektivitas Regional. Tantangan dan Peluang” berlangsung pada 16 Juli di Tashkent.

Ini dihadiri oleh Presiden Afghanistan, Perdana Menteri Pakistan, Menteri Luar Negeri Asia Tengah dan Selatan, delegasi 44 negara dan sekitar 30 organisasi internasional, kepala penelitian otoritatif dan pusat analitis.

Berbicara dengan sapaan, PresidenUzbekistan Shavkat Mirziyoyev mengatakan tentang perlunya kebangkitan hubungan bersama antara Asia Tengah dan Selatan, di mana sekitar dua miliar orang tinggal saat ini.

Kepala Negara mencatat bahwa konferensi ini memiliki beberapa prasyarat: kebutuhan untuk memperkuat kepercayaan diri dan keramahan negara-negara bagian Asia Tengah dan Selatan, pembentukan ikatan perdagangan, ekonomi, transportasi dan komunikasi yang berkelanjutan, memastikan keamanan dan stabilitas, serta mendukung penyelesaian damai di Afghanistan.

“Hari ini, Afghanistan berada di titik balik dalam sejarahnya baru-baru ini. Kami yakin bahwa orang Afghanistan yang bijaksana akan bersedia berkompromi untuk mencapai kerukunan nasional. Yang penting adalah dukungan penuh komunitas internasional untuk penyelesaian politik konflik demi perdamaian yang telah lama ditunggu-tunggu di tanah Afghanistan. Ini akan membuka prospek baru untuk integrasi Afghanistan ke dalam proses regional,” kata Shavkat Mirziyoyev.

Presiden Uzbekistan, berbicara dalam konferensi itu, menyuarakan atas nama negara sejumlah proposal kerja sama di Asia Tengah dan Selatan.

1. Forum interregional tahunan untuk membahas isu-isu topikal memperluas agenda ekonomi kerja sama, memperdalam kerja sama dan interaksi investasi negara.

“Rekomendasi dan proposal yang dikembangkan dalam kerangka dialog semacam itu dapat diubah menjadi program dan proyek tertentu yang bertujuan menciptakan lapangan kerja baru, mengembangkan potensi dan memastikan pertumbuhan ekonomi kita yang berkelanjutan,” kata kepala negara.

Selain itu, Presiden mengambil inisiatif studi ahli bersama tentang masalah menyimpulkan kesepakatan multilateral tentang kerja sama ekonomi antara negara-negara kedua wilayah.

2. Penciptaan infrastruktur transportasi dan logistik yang modern, efisien, dan aman di Asia Tengah dan Selatan.

Elemen kunci dari seluruh arsitektur interkoneksi kedua wilayah, menurut Shavkat Mirziyoyev, adalah menjadi kereta api “Termez – Mazar-i-Sharif – Kabul – Peshawar”.

Pembangunan jalur kereta api ini akan memungkinkan untuk sepenuhnya mewujudkan potensi transit kedua wilayah tersebut, membentuk rute terpendek, secara signifikan mengurangi waktu dan biaya pengangkutan barang antara Asia Selatan dan Eropa melalui Asia Tengah dan negara-negara CIS, katanya.

Selain itu, proyek pembangunan Koridor Kereta Api Trans-Afghanistan di masa depan dapat menghubungkan negara-negara kawasan dengan China dan negara-negara terkemuka lainnya di kawasan Asia-Pasifik, tambah presiden.

3. Implementasi platform digital.

“Perlu untuk mengembangkan langkah-langkah khusus untuk menerapkan interkoneksi digital di bidang perdagangan, transit dan penyeberangan perbatasan, untuk mengadopsi strategi tindakan bersama,” kata kepala Uzbekistan.

4. Bersama mencari cara untuk memastikan ketahanan pangan di wilayah tersebut.

“Baru-baru ini, ada kenaikan harga yang cepat untuk produk makanan pokok, di beberapa wilayah di dunia populasi mengalami kekurangan akut dari mereka,” Shavkat Mirziyoyev menekankan.

Dia mengusulkan, di bawah naungan Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO), pertemuan para menteri pertanian dari negara-negara kawasan untuk mengembangkan program untuk mengatasi tantangan tersebut. Dokumen ini, katanya, harus menyediakan pengembangan dan penelitian bersama, pengenalan teknologi canggih, pelaksanaan proyek kerja sama produksi.

5. Konsolidasi upaya dalam memerangi tantangan dan ancaman bersama terhadap stabilitas dan keamanan.

“Bersama-sama kita akan dapat lebih efektif melawan terorisme, ekstremisme, kejahatan transnasional, termasuk di dunia maya,” kata Shavkat Mirziyoyev.

“Sebagai langkah awal, kamimengusulkan untukmengembangkan rencana aksi anti-narkoba lokal, dengan partisipasi Kantor PBB tentang Narkoba dan Kejahatan,” saran Presiden Uzbekistan.

Area penting lain di mana upaya perlu dikoordinasikan adalah perang melawan ancaman terorisme. “Kami siap menyelenggarakan rapat ahli khusus terkait isu-isu tersebut dengan partisipasi perwakilan kedua daerah. Pertemuan ini dapat diadakan di sela-sela konferensi internasional mendatang di Tashkent pada November tahun ini yang didedikasikan untuk peringatan kesepuluh adopsi Rencana Aksi Bersama untuk implementasi Strategi Kontra-Terorisme Global PBB di Asia Tengah,” saran kepala negara.

6. Isu-isu ekologi dan stimulasi pembangunan “hijau”.

Semua negara di Asia Tengah dan Selatan mengalami pertumbuhan industri dan demografis yang cepat di tengah perubahan iklim global, kata Shavkat Mirziyoyev. Dalam keadaan ini, kelangkaan air, polusi udara dan lingkungan, degradasi tanah dan pembelotan adalah masalah umum.

“Konsekuensi menyedihkan dari dampak yang sangat negatif dari tantangan lingkungan adalah masalah pengeringan Laut Aral, yang semakin memperoleh karakter planet,” tambah presiden dan mencatat bahwa perlu mengambil semua langkah yang mungkin untuk mengurangi konsekuensinya, serta mencegah bencana seperti itu di masa depan.

7. Pengungkapan lebih lengkap tentang potensi wisata unik Asia Tengah dan Selatan.

“Kami membutuhkan merek wisata yang dikenali, produk dan rute baru yang terjangkau, terutama mengingat meningkatnya minat pada pariwisata ziarah, pengenalan luas konsep “Pariwisata dalam kondisi baru”, dengan pengakuan bersama atas sertifikat vaksinasi,” Shavkat Mirziyoyev menekankan.

Kepala Uzbekistan juga mengusulkan untuk mengembangkan program untuk Asia Tengah dan Selatan dalam kerangka Organisasi Pariwisata Dunia, yang akan ditujukan untuk mempopulerkan warisan sejarah dan budaya negara mereka.

8. Perluasan pertukaran ilmiah dan budaya-kemanusiaan.

Presiden Uzbekistan mengusulkan untuk mengadakan forum internasional “Historical Heritage of Central and South Asia” di Termez di bawah naungan UNESCO, serta untuk membuat Dewan Pemuda permanen negara-negara Asia Tengah dan Selatan untuk kerja sama yang efektif dalam isu-isu pemuda.

9. Prestasi tinggi di bidang sains, teknologi dan inovasi.

“Perlu untuk mendorong penelitian bersama dan pekerjaan inovatif, organisasi magang ilmiah dan pendidikan, program pertukaran,” kata Presiden Uzbekistan.

Dalam hal ini, Shavkat Mirziyoyev mengusulkan untuk memperkenalkan rezim visa yang disederhanakan bagi para ilmuwan dan peneliti, serta untuk membuat platform online untuk kerja sama antara universitas dan pusat penelitian negara-negara Asia Tengah dan Selatan.

10. Pengembangan keputusan berdasarkan analisis tren pembangunan dan keterkaitan kedua wilayah.

Presiden mengusulkan untuk membuat kumpulan ahli internasional permanen ilmuwan dan peneliti terkemuka atas dasar Institut Internasional Asia Tengah, dibuka kemarin, untuk mempromosikan kerja sama regional.

Selain itu, kepala negara mengusulkan untuk mengembangkan dan menyerahkan kepada Majelis Umum PBB rancangan resolusi khusus tentang penguatan keterkaitan antara Asia Tengah dan Selatan dan di ruang Eurasia secara keseluruhan sebagai faktor pembangunan yang stabil dan berkelanjutan setelah konferensi hari ini.