KLHK Jajaki Peluang Ekspor Produk Agroforestry di Turki

JAKARTA, investor.id – Dalam rangka menjajaki peluang pasar ekspor untuk hasil produk agroforestry, Kementerian Lingkungan Hidup dan  Kehutanaan (KLHK) berpatisipasi pada acara “One Day Indonesia Coffee, Fruits and Floriculture (ODICOFF) yang diselenggarakan pada 1-4 Desember 2021 di Istanbul, Turki.

Kesempatan ini merupakan kali pertama bagi KLHK untuk berpatisipasi dalam acara ODICOFF.

Rangkaian acara ODICOFF meliputi pertemuan bisnis dengan Asosiasi Industrialis dan Pengusaha Independen Turki,Pameran,Business Matching (pertemuan antara penjual dan pembeli), penandatanganan Letter of Interest dan Mou kerjasama Business to Business dan kunjungan lapangan ke lokasi pergudangan produk kopi.

Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK, Bambang Supriyanto memimpin delegasi Indonesia dan disambut hangat oleh Kepala Perwakilan Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk Istanbul Turki, Imam As’ari.

Perwakilan delegasi KLHK dan Kementerian Pertanian bersama dengan perwakilan Konsulat Jenderal Republik Indonesia mengikuti acara pertemuan bisnis yang diadakan Asosiasi Industrialis dan Pengusaha Independen Turki yang memiliki perwakilan lebih dari 80 negara termasuk Indonesia dengan jumlah anggota sebanyak 11.000 pengusaha dan 60 ribu perusahaan.

Pertemuan bisnis ini dipimpin Kepala Hubungan Diplomatik Asosiasi Industrialis dan Pengusaha Independen Turki, Oman dan dihadiri oleh 10 pengusaha anggotanya, 15 delegasi RI serta perwakilan Konjen RI di Istanbul.

Bambang mengatakan keterlibatan KLHK dalam ODICOFF untuk memperkenalkan peluang bisnis produk agroforestry Indonesia di pasar internasional dengan menekankan kepada peluang kerjasama dan kemitraan untuk membuka akses pasar bagi Kelompok Usaha Perhutanan Sosial.
“Membeli kopi agroforestri dapat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas lingkungan sekaligus kesejahteraan petani,” ujar dia di Jakarta, belum lama ini.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Bambang mengatakan tujuan partisipasi dalam ODICOFF Istanbul untuk memperkenalkan produk pertanian Indonesia ke pasar internasional melalui jaringan Asosiasi Industrialis dan Pengusaha Independen Turki.

Dalam pertemuan tersebut, ada 3 mitra potensial yang tertarik pada bisnis hasil Perhutanan Sosial yaitu PT Caldera Coffee yang telah menjalankan bisnis kopi di Kanada, Pengusaha Pariwisata Kesehatan dan para eksportir kopi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily