Ternyata, Beras Dapat Digunakan untuk 6 Hal Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Beras pastilah selalu ada di dapur Anda. Namun demikian, tidak hanya dapat sebagai makanan pokok, beras juga memiliki banyak kegunaan lainnya di rumah. Sebagai contoh, beras dapat digunakan untuk bahan pembersih hingga pengharum ruangan. Dilansir dari Pure Wow, Senin (5/7/2021), berikut beberapa manfaat beras selain sebagai makanan pokok. 1. Mencegah alat pertukangan berkarat Ketika ditumpuk di kotak peralatan atau tergeletak di garasi maupun gudang, alat-alat perktukangan terkena banyak kelembaban yang dapat menyebabkan karat. Taburkan beras di bagian bawah kotak peralatan.

Atau,vletakkan gunting atau pisau dapur menghadap ke bawah di dalam wadah beras untuk mencegah karat. Butiran beras juga merupakan pengering alias penyerap kelembapan.

Buat sendiri pengharum ruangan alami menggunakan beras dan minyak esensial untuk diletakkan di tempat-tempat sempit seperti lemari atau kamar mandi.

Beras yang dilapisi dengan minyak esensial melepaskan aroma lembut dan tidak terlalu menyengat di sekitar rumah Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuat sachet kecil berisi beras dan minyak esensial untuk ditempatkan di mobil.

3. Balok pisau sementara

Cara ini sangat cocok untuk saat Anda sedang beraktivitas dan tidak bisa mendapatkan balok pisau atau Anda baru saja menerima satu set pisau sebagai hadiah.

Ambil toples mulut lebar, isi dengan beras secukupnya untuk menutupi bilah pisau dan letakkan set baru Anda di sana untuk sementara waktu.

4. Bahan pembersih alami Beberapa vas, botol, toples, dan bahkan peralatan rumah tangga dilengkapi dengan sudut yang sulit dijangkau, tetapi beras dapat membantu membersihkannya. Cukup tambahkan sabun cuci piring, air hangat, kocok, bilas dan ulangi sesuai kebutuhan. 5. Mematangkan buah Untuk memberi dorongan ekstra pada buah Anda sehingga lebih cepat matang, cukup benamkan buah ke dalam wadah beras. Butiran beras sangat bagus dalam menjebak etilen, yakni gas yang dihasilkan buah saat matang.

6. Penahan benda Anjing atau kucing peliharaan kerap menjatuhkan barang-barang saat mereka berlarian di sekitar rumah. Tempatkan beberapa kantong beras di bagian dalam vas dekoratif dan ornamen lainnya untuk memberi bobot tambahan agar tak mudah jatuh saat tersenggol anjing atau kucing.